Refleksi Praktik Mengajar 2

 Menurut saya pribadi, saya sudah merasa sukses dalam praktik mengajar ke dua saya yang di laksanakan pada 20 Desember 2023 karena saya rasa saya merasa sudah merasakan peningkatan performa dari performa sebelumnya pada bagian ketenangan saya pada saat peform, penyampaian materia, dan respon-respon saya pada saat perform. Namun tetap masih ada yang perlu saya tingkatkan pada saat kecepatan saya menyampaikan sesuatu, yang saya rasa memang menjadikan apa yang saya sampaikan terdengar tidak terlalu jelas, juga pada saat pembuatan modul ajar yang saya pikir masih perlu di asah kembali, karena dengan kegiatan yang saya buat sedikit melenceng dari domain yang di pilih.

Saya juga merasa sudah mencapai semua tujuan pembelajaran yang telah di persiapkan, yang mana tujuan pembelajaran yang saya siapkan adalah membuat peserta didik dapat menganalisis dan menkonstruksi kalimat deskriptif sederhana menggunakan physical features dan personality traits. dengan kegiatan yang saya buat meminta siswa untuk membuat kalimat deskriptif sederhana yang saya rasa tujuan pembelajaran sudah tercapai.

Penerapan tahapan pembelajaran berdasarkan GBA ini menarik menurut saya karena sudah terstruktur dengan pendekatan BKoF, MoT, JCOT, dan ICOT. yang mana membuat siswa pada saat pembelajaran pemahaman siswa di buat tersturkur dan tidak loncat-loncat. loncat-loncat di sini ialah, dengan adanya tahapan BKoF, MoT, JCOT, dan ICOT siswa dapat di lihat melalui background knowledge, lalu di beri kan contoh text text yang nantinya akan di jadikan sebagai gambaran pada saat JCOT dan ICOT.

Pada saat melakukan praktik mengajar paga tahapan BKoF saya sudah mengarahkan tipis kepada materi yang seharusnya pada bagian BKoF saya hanya menanyakan pertanyaan pertanyaan general. selain itu, saya sudah dapat mampu mengimplementasikan tahapan pembelajarn GBA menurut saya.

saya juga merasa sudah mampu menyampaikan materi konten yang telah saya buat di modul ajar, karena hal hal yang telah saya persiapkan pada modul ajar telah saya sampaikan semuanya namun ada hal yang memang seharusnya saya mengekplor lebih mengenai suatu hal, pada saat praktik mengajar saya tidak mengekplor hal tersebut.

saya mendorong siswa berperan serta dalam pembelajaran dengan mengikut sertakan siswa, sebagai contoh, meminta siswa untuk membacakan teks dan menanyakan pendapatnya. mengenai penilaian saya rasa saya masih rancu dalam penialian, pada saat praktik mengajar saya hanya melakukan pertanyaan terhadap hasil atau jawaban siswa untuk mengecek kembali pemahaman siswa dalam menjawab pertanyaannya.

hal yang saya ubah jika saya mengajarkan materi ini lagi adalah cara saya menyampaikan pertanyaan pada saat BKoF, dan memperjelas penilain siswa pada saat proses pembelajaran. strateginya ialah, menggunakan feedback dari dosen dan feedback teman teman saya untuk memperbaiki penampilan saya berikutnya. saya menggunakan strategi tersebut adalah karena strategi tersebut adalah strategi yang menurut saya lumayan baik, walaupun mungkin nanti saya melakukan kesalahan setidaknya saya sudah mengurangi dan menghindari kesalahan yang di buat saya dari performa sebelumnya dan performa teman teman saya.

Comments