Refleksi Modul Ajar 2

 Pemilihan topik yang saya pilih sudah menarik menurut saya dikarenakan topik describing people sudah sesuai dengan level fase d untuk pelajar Sekolah Dasar tingkat 7 atau kelas 7 yang mana topik yang saya pilih diambil dari buku bahasa Inggris kurikulum merdeka pada chapter 1 unit 4 yang mengharapkan siswa dapat membuat kalimat deskripsi singkat mengenai seseorang


Cara saya merumuskan tujuan pembelajaran ialah dengan melihat tujuan pembelajaran yang tersedia pada buku setelah itu saya memilih KKO dengan menyesuaikan tujuan pembelajaran yang mana Saya memilih ‘mengkonstruksi’, kendala yang terjadi adalah regunya dalam pemilihan KKO yang tepat. 


Berdasarkan format yang saya buat tidak adanya capaian pembelajaran dalam Modul ajar menjadikan saya berpikir bahwa tujuan pembelajaran adalah capaian akhir dari pembelajaran siswa


Ini merupakan kedua kalinya saya membuat modul ajar penggunaan pendekatan genre Based Learning sudah banyak Disinggung dari mulai modul ajar pertama saya, dan saya memperhatikan feedbacks dari modul ajar temen teman saya pada kelompok lain. Kesesuaian yang saya temukan ialah bahwa pada bagian BKoF saya memperlihatkan gambar yang terdapat tulisan untuk membangun background knowledge siswa pada saat MOT Saya memberikan contoh kalimat-kalimat penggunaan kata deskriptif, setelah itu pada bagian JCOT saya meminta siswa untuk membuat kalimat sederhana dari contoh dan latihan pada saat di MOT


Saya sudah cukup memahami konten dari materi yang saya pilih yang mana materi yang saya pilih memiliki fokus terhadap unsur kebahasaan seperti kata deskriptif, kata sifat dan lain lain


Saya menggunakan metode cooperative learning dengan teknik think pair share yang saya rasa sudah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran materi yang akan saya gunakan


Alat yang saya gunakan adalah canva alasan saya menggunakan canva ialah sangat mempermudah saya untuk menampilkan gambar teks ataupun materi-materi yang saya ingin berikan kepada peserta didik


Strategi yang saya gunakan adalah untuk mencoba semaksimal mungkin untuk tidak mengulur waktu dalam penjelasan maka dari itu mengurangi kekosongan antar bicara harus diterapkan dalam praktik nanti


Cara membangun critical thinking siswa yang saya gunakan adalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan konsentrasi ataupun perhatian lebih pada saat ingin menjawabnya


Aspek yang saya akan dinilai adalah bagaimana siswa membuat kalimat sederhana mengenai deskripsi orang melalui gambar dengan indikator Apakah sudah sesuai dengan gambar dan apakah sudah menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.  Penilaian ini juga sudah terkait dengan tujuan pembelajaran yaitu siswa diharapkan dapat atau mampu membuat kalimat deskriptif sederhana mengenai seseorang menggunakan kalimat physical features dan personality traits

Comments