Refleksi Praktik Mengajar 1

      Saya merasa praktik pengajaran saya belum sesukses yang saya harapkan, karena pada saat saya melaksanakan praktik mengajar saya merasa belum melakukannya dengan tenang, terburu-buru yang membuat ada beberapa hal yang sudah ada di modul ajar tidak terencanakan semua. namun, praktik pengajaran yang telah saya lakukan menurut saya sudah berjalan dengan baik, mulai dari tahapan yang sudah tercover semua namun pada bagian penutup saya melewatkan refleksi dan penialian terhadap performence siswa. 

    Berdasarkan yang telah saya lakukan, saya sudah mencapai tujuan pembelajaran karena dengan tujuan pembalajaran yang telah di susun pada modul ajar yaitu: "....Peserta didik dapat menganalisis pokok ide dan mengkomunikasikan tentang ekstrakurikuler secara interaktif dan bergotong royong." telah sesuai dengan yang telah di praktekan menyampaikan name of extracurricular activities, kata kerja dan penggunaan 5W + 1H untuk membuat pertanyaan dalam interaksi mengenai extracurricular activites dan meminta siswa untuk mempraktikannya di depan kelas.

    Penggunaan tahapan pembelajaran berdasarkan GBA ini menarik menurut saya, dikarenakan saya sangat terbantu oleh tahapan dan ketentuan-ketentuan yang ada pada GBA ini. mulai dari kegiatan awal hingga kegaitan penutup yang sudah jelas dari tahapan dan ketentuan GBA. Kesulitan yang saya hadapi dalam mengimplementasikan tahapan pembelajaran bedasarkan GBA ini adalah pemiliahan kegiatan yang harus di masukan dikarenakan masih kurangnya pengetahuan saya mengenai kegiatan-kegiatan yang tersedia dan baik untuk siswa walaupun sudah ada kegiatan - kegiatan yang disediakan pada buku yang dijadikan sumber.

    kegiatan yang tidak sesuai untuk dalam proses pembalajran saya mungkin pada saat latihan dalam menyebutkan nama nama ekstrakulikuler yang seharusnya meminta siswa untuk membacakannya dan teman-teman yang lainnya mengulangnya, bukan diminta untuk mengulang setelah saya sebutkan. mengenai penyampaian materi saya kira saya masih belum berhasil menyampaikan materi konten secara baik dan benar. namun menurut saya, saya sudah menyampaikan materi sesuai tahapannya, yang mana sebelum siswa melakukan atau mempraktekan conversation mengenai extracurricular, saya menyampaikan name of extracurricular activities, kata kerja dan penggunaan 5W + 1H untuk membuat pertanyaan dalam interaksi mengenai extracurricular activites lalu setelah itu meminta siswa untuk mempraktekan interaksi di depan kelas dengan bekal yang telah diberi.

    saya berusaha untuk selalu mendorong siswa siswa pada saat melaksanakan teaching practice dengan pertanyaan pemantik dan meminta siswa untuk membacakan materi yang disediakan. oleh karena itu, saya kira saya sudah sukses untuk mendorong siswa untuk ikut serta dalam pembalajaran walapun masih ada yang harus saya terus improve mengenai pertanyaan pertanyaan dan respon spontan yang harus terus di latih.

    sayangnya, saya melewati proses penilain siswa pada saat pelaksanaan teaching practice 1 dikarenakan ketidak tenangan saya dalam melaksanakan teaching practice juga saya merasa saya terlalu terburu buru pada saat itu.

    banyak hal yang harus saya ubah jika saya akan mengajarkan mater ini lagi, mulai dari pre-activity, while activity, dan post activity. Saya akan mengubah penyampaian saya dalam menyampaikan tujuan pembelajaran, selalu meminta siswa dalam membacakan provided content lalu meminta siswa siswa lain mengulangnya, mengurangi teacher center, bagaimana menyampaikan pertanyaan kepada siswa, dan menilai performence siswa.

    Strategi yang akan saya rencanakan untuk penampilan berikutnya adalah untuk membuat saya lebih siap dan tenang pada saat penampilan berikutnya. karena kehilangan ketenangan pada saat tampil membuat saya menjadi terburu buru, dan tidak fokus. oleh karean itu ketenangan menurut saya menjadi hal yang penting dan perlu di persiapkan. selain itu ada hal - hal lain yang termasuk kedalam spontanitas yang harus saya persiapkan secara matang.

    

Comments